Kamis, 29 Mei 2014

Intan Rohaeni

Ini Pertama kalinya Saya menulis di Blog
Bahasanya sangat mudah dipahami,karena saya tak pandai dalam hal menulis…
Terinspirasi  dari sahabat ku yang  saya anggap Ia adalah sosok penulis yang hebat…
Ya beliau adalah Retno Novitha Sari .
Ia telah meracuni fikiran saya untuk mencoba menulis,alhasil sedikit demi sedikit saya pun mulai menggerakan Hati dan Fikiran untuk meluapkan semuanya melalui Tulisan ….
Sedikit Exis boleh kan..hehehhehe..





Bismillaahirrohmaanirrohiim…
Segala Puji bagi Alloh SWT,yang masih memberiku kesempatan hingga sekarang usia ku 19 tahun..Saya masih muda,dan Kata WHO saya masih Remaja .
Perkenalkan Nama Saya Intan Rohaeni,lahir di atas kasur tepatnya Garut,30 Desember 1994.
Hobi nya Olah Raga dan melakukan hal-hal yang memacu Adrenalin.Kalau di Tanya Cita-cita,saya orang yang paling bingung untuk menjawab hal itu,karena cita-cita ku buanyak sekali  .
Saya anak ke 3 dari 4 bersaudara,Kakak pertama Saya laki-laki,Kakak kedua saya Perempuan,dan yang terakhir adik saya laki-laki.
Intan Rohaeni,ya saya Intan Rohaeni tapi, orang-oarang sering bilang”kenapa Rohaeni,nggk Nuraeni saja “dan mereka pun senang rasa nya memanggil saya dengan sebutan ‘Roh’ ,bahkan ada yang lebih parah manggil saya “Roh Jahat” wow sungguh terlalu kan, ah Saya mah hanya tersenyum saja .
Saya adalah Mahasiswa Keperawatan di Kampus STIKes Karsa Husada Garut.Meskipun awalnya Saya ingin sekali Kuliah di Jurusan Bahasa Inggris,namun apa daya inilah Takdir dari Sang Kuasa.Sebelumnya tak terbayang oleh ku akan menjadi seorang perawat.
Tapi semua ini menjadi keinginan ku yang sangat kuat.Saya pun berusaha untuk bisa memaksimalkan kemampuan saya di bidang kesehatan ini,sampai akhirnya Alhamdulillah di Semester 4 saya mendapatkan Beasiswa,Rasa Syukur ku tak kan pernah terputus.Tapi Saya belum pernah naik Podium hehe.Semoga saja nanti waktu Wisuda Saya bisa naik Podium,bisa membuat Ema & Bapak Bangga.Aamiin.
Saya sungguh Bahagia dan Sangat bangga menjadi Mahasiswa Keperawatan.Kebanggaan tersebut bukan hanya sekedar dengan seragam Putih-putih yang tergerai,namun amat banyak kebanggaan dan kebahagiaan lain yang sulit untuk dikatakan.
Segala hal yang saya tidak ketahui kini sekarang semuanya terjawab.Hal yang saya anggap aneh dan saya penasaran tentang hal-hal yang membingungkan Alhamdulillah sekarang saya bisa menyimpulkan dan menjawabnya sendiri.
1 Semester kuhabiskan waktu di kampus bersama teman-teman baru  ,mengenal mereka lebih dekat.Dan melahap habis semua materi-materi Dasar. Dalam waktu 3 Tahun  kuhabiskan waktu bersama Mereka,dan saya Bahagia bisa 1 kelas dengan teman-teman kelas C angkatan XVIII ini…

Foto waktu Tingkat 1,ketika orang-orang sering memanggil kami seles Gas

6 bulanpun berlalu kini saatnya Go To Hospital….mmmm kini perjuangan siap dimulai . Yeah….
Pertama kali Saya Dinas Di RS Guntur.Ini kali Pertama saya menginjakkan kaki Di Rumah Sakit,bukan saya yang sakit untuk di rawat,ataupun menjenguk orang yang sedang Sakit,melainkan saya sebagai Mahasiswa Keperawatan,calon Perawat,dan tugas Saya adalah untuk Merawat.Mmmm maklum baru pertama kali jadi masih pelanga pelongo,bingung harus ngapain,namun seiring berjalannya waktu hal itu terlewatkan 1tahun di RS Guntur Alhamdulillah Saya bisa Spoel Infus (tindakan yang sering saya lakukan),saya bisa Injeksi IV (Intra selang bukan Intra Vena ) ,Saya bisa meng Infus (meskipun kebanyakannya gagal ),saya bisa nge GP (Ganti Perban) dan lain sebagainya…
Hal yang  tak kan pernah terlupa selama Dinas Di RS Guntur, Ketika dinas Malam di Bangsal Wanita dan di Bangsal Pria bersama Ima Sukmawati.Ketemu Bule Di Ruang Flamboyan sampai saya dan Ima sukmawati terus Tertawa dan tak bisa dihentikan karena melihat anu nya bule hehehe.Terus Untuk kali pertama saya melihat tindakan operasi Secara Live bersama Karina septia N dan Imam Maulana,waktu itu saya melihat tindakan Operasi Appendiktomy dan Sectio Caesarea (SC) , waktu itu perasaanya ngeri dan sungguh para Dokter itu begitu Pintar  dan sangat Lihai melakukan tindakan Operasi.Saya pun berfikir ingin sekali menjadi Perawat Bedah (Perawat di ruang OK).
Saya sangat Bahagia bisa dinas di RS Guntur,Perawatnya baik-baik,ramah,dll..terus enak di RS Guntur mah banyak tamannya,jadi kesannya bukan seperti Rumah Sakit.ah pokoknya Indah sekali.

1 tahun Berlalu di RS Guntur,hari-hari berikutnya saya ber Dinas di RSU dr.Slamet selama 1,5 tahun (meskipun itu tidak full,hanya beberapa bulan saja karena Berdinasnya sambil Kuliah).waktu di RS Guntur semua mahasiswa adalah mahasiswa yang sangat Disiplin,datang tepat waktu pukul 07.00 dan selalu mengikuti Apel.Lain halnya ketika berdinas di RSU dr.Slamet,awalnya saya datang selalu tepat waktu,tapi semakin lama semakin membandel juga,saya jarang datang tepat waktu lagi J ,karena keenakan tidak wajib mengikuti apel untuk mahasiswa.
Selama di RSU ada banyak Ilmu yang jauh lebih banyak bisa di dapat.Saya jadi sering memasang Infus(gagal nya mulai berkurang ),memasang DC (Dower Cateter) dll…
Hal yang menyenangkan selama Dinas di RSU,Dinas  di Ruang Perinatologi ,mmmm Dinas malam bersama Imam Maulana & Jajang Reka di ruang Bayi.18 tahun saya belum pernah gendong bayi yang baru saja berojol,waktu itu saya melakukannya,hah tak bisa dibayangkan tapi itu seruuu….ditambah lagi saya ditemani 2 makhluk yang kocak abis Imam &  Jarek ,menambah suasana malam menjadi ricuh ditambah dengan tangisan 20 bayi yang minta ampun susah banget diamnya sebelum dikasih Dot.Pagi-pagi kami harus mulai memandikan bayi-bayi itu,haduuuh bingungnya saya harus merawat tali pusat(membungkus dengan kasa),harus ngebedong,asyiiiikkkk banget sampai Imam & jarek pun harus melakukan hal yang sama.Aneh rasanya ngeliat Laki-laki ngebedong J . Tapi mereka hebat bisa melakukannya.
Terus waktu Dinas Di Ruang VK(Ruang Bersalin),saya Dinas bersama Intan Royanti.di Ruang ini Saya bisa mencoba menolong persalinan,jantung ku berdetak lebih cepat,bahkan sangat cepat antara ingin mencoba dan takut . Saya langsung ingat sama mama,mungkin dulu mamah pas waktu ngelahirin saya sangat kesakitan sama seperti yang saya lihat pada ibu-ibu yang terus menjerit-jerit kesakitan,saya pun nanti jadi takut untuk ngelahirin hehe.Diruang VK saya bisa nge DJJ(menghitung Detak Jantung Janin),melakukan PD(Pemeriksaan Dalam) menghitung seberapa lebar (cm) pembukaan jalan lahir,ngelahirin Plasenta,Hecting perineum,bahkan sampai melihat lahiran dengan cara di Vacum…hmmmm Seru.Seru.Seru  .
Dinas Di Ruang Hemodialisa. Diruang ini terdapat banyak sekali mesin-mesin pencuci darah.Waktu itu Saya berdinas dengan Karina septia N,kami disuruh melakukan Freeming(membuang udara didalam dialiser)karena kami belum bisa sampai akhirnya kami menghabiskan 5 kolp NACL untuk melakukan Freeming.mmmmm oon nya saya waktu itu  .
Di Ruang ini Saya Jadi tahu proses pencucian darah.Vena nya pada gede-gede.Kaget saya,ketika ngeDep Sino(Pembuluh Darah Vena dan Arteri yang sudah disambungkan melalui operasi) tiba-tiba ngerenyed brrrr…heheh ada aliran listriknya..
Kasihan juga ngeliat pasien,yang setiap 1minggu mereka harus 2x melakukan Cuci Darah.
Di Ruang OK , Dinas Siang bersama Ima Sukmawati,Kiki Rizky Lukita Sari & Teh Ai S1.konon katanya di ruang OK tuh serem banget,banyak hihih nya,otomatis teman saya yang satu ini tambah parno.Ya ia adalah  Ima  . Waktu itu ketika dinas malam,mana hujan lebat ditambah petir yang silih berganti nambah suasana serem aja,kebetulan tidak ada kegiatan operasi,nah kami ngumpul dan ngobrol-ngobrol di lobi,tiba-tiba munculah 2 wanita cantik,ternyata mereka adalah mahasiswa akbid yang katanya ingin mengambil status milik pasien,di ruang OK atas.akhirnya kamipun berunding antara mengambilkannya atau menyuruh mereka saja yang mengambil sendiri.akhirnya pun kami serahkan kepada mereka untuk mengambil nya di OK atas,karena kami pun takut untuk mengambilnya hehehe,dengan wajah yang tidak meyakinkan kami pun bilang pada mahasiswa akbid itu,mereka pun jadi ikutan takut,kami pun berusaha meyakinkan mereka,dan akhirnya merekapun mau.mmmmm setelah mereka tidak ada,kami pun tertawa mau-maunya mereka dikerjain .
Di Ruang Marjan Atas.tragedi yang membuat kami malu setengah mati.ceritanya kami ber 6(Saya,Ima,Karina,Kiki,Intan Royanti,Irfan) mau konsul askep tuh ke A Zam-zam,eeh ternyata a Zam-zam waktu itu lagi libur,akhirnya pun kami Konsul ke A Dede,dengan hati setengah tidak yakin akhirnya pun kemarahan A Dede meledak karena askep kami sama semuanya,kecuali punya Karina dan Ima,mereka berdualah yang selamat.dari situ kami diceramahin abis-abisan,saya pun menangis,tak habis fikir saya melakukan hal yang jahat.mmmm tapi Alhamdulillah A Dede pun mau memaafkan kami semua,bahkan Beliau memberi kami nilai yang besar,kamipun jadi tambah malu,setelah melakukan kesalahan tapi balasannya dapet nilai besar.
Di IGD,waktu itu saya pernah di marahin oleh dokter gara-gara mau masukin obat secara IV langsung,Beliau membentak saya di hadapan pasien dan keluarga pasien,otomatis semua mata tertuju pada ku,wajah saya mulai memerah dan panas saking kagetnya saya,namun akhirnya perawat yang menyuruh saya untuk melakukan tindakan tersebut bilang ke dokter intinya dia membela saya,meskipun sudah demikian tetap saja rasa malunya saya masih ada L

Waktu pun kian berlalu,berakhir sudah Dinas Di RSU dr.Slamet.Tak terasa Saya sudah Tingkat akhir Semester 6.Tantangan didepan sudah menanti…
Inilah Jadwal yang sangat padat di Semester 6:
1.      PBM                03-15 Maret 2014
2.      Darbin             17-05 April 2014
3.      TO                   07-19 April 2014
4.      Gerontik          21-26 April 2014
5.      BT&CLS         28-03 Mei 2014
6.      RSJ                  05-17 Mei 2014
TIDAK ADA LIBURNYA

17-05 April 2014, Darbin di Puskesmas Sukawening.PBL nya pun di daearah sukawening,tepatnya di Desa Mekar Luyu Kp.Sawah Garut RW 10.Alhamdulillah kami disana selama 3 minggu dan warganya pun menyambut kami dengan sangat baik,dan  antusias dalam berbagai kegiatan yang kami lakukan.
Bayak sekali pengalaman dan ilmu yang saya dapat selama berada di tengah-tengah masyarakt.Awalnya saya fikir kuliah di Keperawatan hanya mengkaji ilmu-ilmu kesehatan saja,namun anggapan saya tentu salah besar,di keperawatan itu Luas,ilmu Sosialnya pun ada,tapi tetap saja berfokus nya pada kesehatan.
Pengalaman yang tak kan terlupakan waktu darbin,Ketika itu Saya,Ajeng,teh sumi,Rini,Shanti ikut pengajian,sekitar jam 2an,enaknya sekitar jam segutuan tuh tidur ya,kami pun di madrasah Nundutan,termasuk saya,sepertinya orang yang paling ngantuk tuk saya sendiri,dengan tempat duduk yang mendukung sambil saya menyeder ke tembok sambil saya pun nundutan.eeeeeeh tiba-tiba MC pengajian mengatakan perwakilan dari mahasiswa ada yang mau pidato.yang membuat saya kaget mereka menunjuk saya untuk maju kedepan pidato di depan ibu-ibu dan bapak-bapak.haduuuuuuh saya kelabakan dan mau tidak mau sayapun maju,setelah saya duduk di depan saya bingung mau bicara apa.yang pertama-tama saya memperkenalkan diri,tujuan kami berada di Kp.sawah Garut,dan harapan kami.setelah itu saya bilang seperti ini “Ibu-ibu,Bapak-bapak abdi teh bingung bade nyarios naon deui,kumargi abdi teh reuwas nuju nundutan dipiwarang nyarios di payun. ‘’  Ibu-ibu dan Bapak-bapak malah tertawa,termasuk pak ustadz ikut tersenyum mendengar sambutan saya.mmmmm ampun deh saya malu bangeeeeeeeeet.
Tak terasa 3minggu berlalu sudah,perpisahan kami dengan warga Kp.sawah Garut diiringi tangisan,tangisan yang enggan kami untuk meninggalkan Kp.sawah Garut.

Foto Bareng Bersama Ibu Iyah pemilik Rumah yang kami tempati selama 3 minggu

07-19 April 2014 Saya mulai bertarung dengan Try Out.4x TO,TO ke 1&2 alhamdulillah lulus untuk TO ke 3&4 belum tahu hasilnya.
21-26 April 2014 Panti Werdha.di Panti Werdha seru sekali,kami bermain nya jadi sama nini-nini dan aki-aki  ,tapi mereka semua pada baik dan senang dengan kedatangan kami.
Saya mendapat pengalaman ketika Dinas di Ruang Khusus,diruang ini Lansia nya sudah tidak mampu melakukan aktivitas mandiri.Tugas saya dan teman-teman yaitu memandikan,bed making,memeberi makan dll…Melihat tingkah mereka saya jadi tertawa sendiri,ada yang diem terus di tempat tidur,ada yang lagi bicara-bicara sendiri,ada yang minta uang,macem-macem pokoknya..Dan saya pun berfikir ini sebagai cerminan saya di masa Tuan anti,Tapi ketika Saya sudah tua Saya ingin menjadi Lansia yang Sehat.Aamiin.

Saya bersama Mak Erasmiati Di Panti Werdha RPSTW

28-03 Mei 2014 Kini Saatnya BTCLS.Inilah saat mendebarkan bagi saya.1 minggu waktu yang di butuhkan untuk BTCLS . 29-30 April 2014 Hari pertama dan Kedua BTCL menyenangkan,Alhamdulillah Instrukturnya Baik-Baik. Pak Anggi,Bu Ocha,Mas Khalid,Bu Lina semuanya baik.Saya semangat untuk mengikuti pelatihan Ini dan saya Suka. 1 Mei 2014 Hari Ketiga Mulai mendemonsrasikan dari semua kajian materi yang telah disampaikan,kita pun bisa mencoba melakukannya . 2 Mei 2014 Hari keempat Ujian Pertama Yaitu Melakukan RJP untuk semua kelompok,hari ini hari yang mendebarkan siap dimulai.kelompok saya pun kebagian yang pertama untuk melakukan RJP. Ada beberapa kesalahan yang saya lakukan waktu ujian tersebut,karena saking semangatnya saya,akhirmya ada kesalahan sewaktu melakukan Kompresi,kata Bu Ocha itu terlalu cepat,dan saya pun harus melakukan ulang kompresi.Setelah ujian Tahap satu beres Akhirnya rasa tegang mulai terkurangi.
Kajian materi yang Saya suka Yaitu tentang Pembahsan EKG,selama 3 tahun saya kuliah,saya masih belum dapat membaca EKG,oon banget pokoknya kalau ditanya tentang EKG,namun setelah pembahasan oleh Bu Lina Alhamdulillah semuanya terjawab sudah,saya bisa membaca EKG.Saya suka Bu Lina,orang nya Tegas sekali.
Nah Kalau tentang praktek yang paling saya suka yaitu ketika melakukan Defibrilasi / DC SHOCK pelatihnya pun masih Bu Lina. Saya sering sekali melihat DC SHOCK hanya di Televisi tapi sekarang saya bisa melakukannya langsung.seruuuuu banget pokoknya.
03 Mei 2014 Tiba di Hari Kelima,Hari Terakhir,hari penentuan Lulus/Tidak Lulus.hari yang sangat sangat menakutkan.setiap kelompok berdebar-debar menanti ujian.tanda Tanya besar dalam hati kami,apakah kami akan ujian mengenai INITIAL ASSISMENT ataukah DC SHOCK ?????
Hanya Nasib yang menentukan.
Tapi sebelum kami melakukan ujian Praktek itu kami pun harus Lulus dalam ujian tulis yaitu Post Test.Sayan termasuk orang yang melakukan 2 kali post test karena nilai saya yang tidak mencukupi L .Tapi Alhamdulillah akhirnya Lulus dan bisa mengikuti ujian tahap selanjutnya.
Setiap kelompok mulai dipanggil,dan saya bersama anggota kelompok saya Ihsan Hindarsyah dan Yadi Rohyadi menunggu kelompok kami di panggil,mereka percaya dan menunjuk saya sebagai Leader,mmmmm beban saya bertambah berat,tanggung jawab saya besar banget,Kelulusan kelompok saya ada ti tangan saya,kalau saya tidak bener otomatis kita tidak akan lulus.Namun mereka terus memberi semangat untuk saya,mereka bilang bahwa saya pasti BISA.Dan saya pun akhirnya menyetujui itu.

“Ihsan,Intan,Yadi” suara pak Anggi terdengar di Lab Maternitas..
Kami pun langsung menghampiri,Dikira saya bakalan dapet ujian DC SHOCK eeh ternyata INITIAL ASSISMENT Alhamdulillah sama Pak Anggi  .Ujian pun berlangsung,dan Alhamdulillah lancar meskipun ada beberapa tindakan yang lupa dilakukan.
Setelah semua ujian selesai kami pun Harap-harap cemas menunggu hasil ujian kami.
Sekaligus perpisahan,akhirnya diumumkanlah hasil ujiannya dan Alhamdulillah semunya LULUS . Ada 3 orang yang mendapat cendera mata dari AGD 118,namun sedihnya saya tidak termasuk kedalam 3 orang tersebut,saya kecewa pada diri sendiri,namun apa boleh buat itu semua takdir dari Alloh,namun saya sangat bersyukur kepada Alloh,karena ketika detik-detik terakhir pelatihan saya sudah merasakan sakit,saya sudah tidak tahu apakah dapat menyelesaikannya atau tidak,tapi ima dan teman-teman yang lainnya terus memberikan semangat bahwa saya pasti sehat dan bisa melaluinya,alhasil dengan keadaan saya sakit saya bisa melakukannya dan saya LULUS ,saya sangat bersyukur untuk itu.
Setelah semuanya diberitakan lulus,akhirnya kamipun berfoto-foto bersama Instruktur.
Dari 3 tahun belajar dikampus,sepertinya semua ilmu saya dapatkan waktu BT&CLS,saya seneng banget bisa ikut pelatihan BT&CLS.Saya ingin sekali jadi  anggota AGD 118,saya ingin seperti Bu Lina & Bu Ocha.Aamiiin.


Foto bersama dengan Instruktur


Saya bersama dengan Bu Ocha



BT&CLS pun berlalu,RSJ menanti. Sabtu 04 Mei 2014 kami pun berangkat ke RSJ.
Tinggal 2 minggu di asrama,hal yang sebelumnya saya tidak pernah bayangkan,namun kini saya akan melakukannya  ,Alhamdulillah saya satu kamar bersama Power Rangers (Ima Sukmawati,Saya sendiri Intan Rohaeni,Kiki Rizky LS,Rani Nuraini,Retno Novita S).
Mmmm saya kebagian tidur di atas ranjang,tepatnya di atas ranjang Rani.awalnya saya takut namun difikir-fikir enak juga tidur dekat dengan langit-langit .Saya pun sudah lihai seperti Tarzan untuk naik dan turun ranjang dengan cepat.hehe.
Hari pertama Dinas Senin 5 Mei 2014,Alhamdulillah Orientasi dulu.Hari kedua 6 Mei 2014 baru muali dinas diruangan.Alhamdulillah saya kebagian di Ruang Cendrawasih.Ruang Tenang ini .Awalnya saya Bingung banget mau ngapain dan harus bagaimana,tapi seiring dengan berjalannya waktu Alhamdulillah lancer dan begitu meyenangkan.
Banyak banget kenangan yang takkan pernah terlupakan selama saya berada di RSJ.
Ketika Saya,Seni,Dini,Agung,Imam,Pasur,Deri,Reva datang keruangan,mereka selalu menyambuut kami,dan Opung selalu menyapa kami ‘’Morning,morning,morning’’ dengan suaranya yang khas Batak.mmmm kenangan itu sampai saat ini masih kami rindukan..
Awalanya saya kaget dan pengen nangis banget ketika saya kebagian pasien,dan pasien tersebut tidak mau dengan saya,pasiennya malah bilang ke saya seperti ini “cari aja pasien yang lain” waktu itu mulut saya menganga tidak bisa berkata apa-apa lagi,”mmm saya harus bagaimana” jeritan hatiku.
Tapi untungnya ada Pasur yang ngebantu saya,dan membujuk pasien saya.Dan akhirnya pun pasien saya mau dirawat saya selama 2 minggu  Alhamdulillah.Pasien saya pun sekarang suka menanyakan saya kalau saya tidak ada.Pasien Saya memanggil saya dengan sebutuan Teteh,dan Saya memanggilnya dengan sebutan Kakak.Ketika pertama kali kita sedang ngobrol,tiba-tiba pasien saya berontak kabur,untung saja saya bisa mencegatnya ketika sampai di pintu.haduuuuh dari situ saya kaget banget,dan tubuh saya gemeteran takut dia mencoba kabur lagi.
Oh iya,hal yang membuat saya Syok banget ketika saya lagi ngobrol sama pasien saya eeeeh tiba-tiba pasien saya nanya gini “Teteh udah punya pacar ?”
“Belum” Jawab saya sambil tersenyum lebar.
Tiba-tiba si Kakak pun melontarkan pernyataan “Sama teh saya juga nggk punya pacar,kita sama-sama Jomblo ya”.
Saya pun tersenyum lagi dengan raut wajah yang kebingungan,dan buru-buru mengalihkan obrolan tersebut.hehehhe.
Alhamdulillah pasien saya baik,ketika ujianpun membantu saya.Dan sekarang Si Kakak tidak pernah lagi mencoba Kabur,meskipun ia selalu mengatakan ingin pulang.
Mmmm Rindu ketika saya dan teman-teman kelompok Nongkrong di depan Ruangan sambil menghafal untuk Ujian Komter.Seperti ini percakapan Pra Orientasi :
“Assalamu’alaikum…Selamat Siang Bu….,Perkenalkan Nama Saya Intan Rohaeni saya mahasiswa dari STIKes Karsa Husada Garut.Saya siap melaksanakan Komter.Harapan saya pada komter ini saya mendapatkan nilai yang baik,dan pasien saya tidak meninggalkan saya sebelum kontrak waktu selesai.Norma saya beragama Islam Pasien saya beragama Islam.Saya akan menjaga toleransi terhadap keyakinan masing-masing,dengan menjaga jarak,dan akan melakukan sentuhan pada bagian tubuh tertentu bila diperlukan untuk memotivasi klien.Seperti pada bagian Bahu atau Lutut.hal ini pun telah disepakati oleh klien saya.Nilai yang saya anut,saya akan menghormati yang lebih tua dan akan menghargai yang lebih muda.Saya memanggil klien saya dengan sebutan Bapak dan klien saya memanggil saya dengan sebutan Intan.Kekuatan saya untuk melaksanakan komter ini saya telah mempelajari buku-buku sumber tentang Gangguan  Jiwa.Kelemahan saya,saya sering lupa atau Blocking, terutama pada fase kerja.Adapun perasaan saya saat ini cemas dan takut,takut muncul kelemahan saya dan takut klien saya meninggalkan saya sebelum kontrak waktu selesai.Antisipasi masalah yang luar biasa,apabila klien saya tidak kooperatif atau menolak berkomunikasi,seperti mengamuk.Saya akan duduk sejenak,berDo’a dalam hati dan mengambil nafas dalam.namun apabila dengan cara itu tidak berhasil saya akan meminta bantuan ibu penguji,dan apabila masih tidak berhasil saya akan mencoba mengingatkan kontra waktu yang telah disepakati,apabila dengan cara itu masih belum juga berhasil saya akan memutuskan kontrak sepihak,dan membuat kontrak yang baru.Tujuan saya melaksanakan komter ini untuk melakukan implementasi SP 4 dengan Diagnosa Resiko Perilaku Kekerasan. ‘’
Naaaaah baru segitu yang harus Saya Hafalkan,Belum ke Tahap Orientasi,Fase Kerja dan Fase Terminasi.Tapi Alhamdulillah ketika ujian semuanya lancer.

Moment menanati Ujian Komter di depan Ruang Cendrawasih

Kenangan di Mess bersama Barudak…
Enaknya tinggal di Mess,saya jadi selalu makan teratur 3x sehari,sampai Berat Badan saya naik 2 Kg hehehe.
Seneng juga sering kumpul bareng anak-anak 3C,ada yang main gapleh,ada yang nonton TV,ada yang sekedar ngobrol-ngobrol/curhat,ada juga yang rajin ngerjain askep,ah pokoknya seru abis
Saya akan selalu rindu moment-moment Sholat berjama’ah diruang TV,yang ketika saya sudah siap awal sholat berjama’ah imamnya yang belum siap,eeeeh ketika saya belum siap-siap tapi imamnya suka udah mulai sholatnya,jadi saya sering ketinggalan .
Moment Sholat Berjama’ah bersama Ima,Kiki,Rani,Eno dikamar Mess kami,selalu aja banyak godaannya,dan akhirnyapun Sholat berjama’ahnya selalu gagal.karena kami terlalu kebanyakan tertawanya,ada banyak hal-hal yang menggelitik,sampai-sampai saya dan Eno selalu batal karena kentut .
Kebanyakan kuhabiskan waktu selama 2 minggu itu di kamar Mess,bersama Power Rangers  ,Saya bahagia banget bisa kumpul lama bareng mereka.Ternyata Saya satu-satunya orang yang belum pernah tidur siang selama di Mess,kalau teman-teman mudah banget rasanya kalau tidur siang,asal nempel aja di kasur pasti mereka langsung tibra J ,karena saya tidak bisa bobo siang,jadi kerjaan saya ngejailin mereka,yaitu foto-foto mereka ketika fose tidur,ketahuan deh bobo cantik mereka  .
1 lagi,hal yang tak kan pernah terbayang yaitu ketika malam terakhir di Mess,saya Sakit,Dismenor,yaa rasa sakit yang setiap kali saya rasakan ketika waktu datangnya Haid.mmmm semalaman saya terus menangis kesakitan dan memuntahkan semua isi lambung.Eno,Ima,Kiki,Rani terus memperhatikan saya,mulai dari yang memassage bokong,menggerendel-gerendel botol panas di perut,yang mijitin,pokoknya mereka ngerawat saya banget sampai saya tak sadarkan diri (terlelap tidur ).
Saya sangat bersyukur Alloh mempertemukan saya dengan sahabat-sahabat yang sangat baik seperti mereka.Saya Bahagia bahkan sangat bahagia.

Foto bareng di atas Ranjang Kiki, Kamar Mess P3

Waktupun berlalu,tak terasa Jum’at 16 Mei 2014,waktunya kami kembali ke Kota Garut,Kota milik saya “Garut Kota Intan ‘’ .Kami pulang ke Garut pukul 13.00 bareng teman-teman semuanya naik Bis…

Foto bareng bersama teman Kelompok Cendrawasih
Bersambung…




1 komentar:

  1. CASINO HOTEL - Mapyro
    Get directions, reviews 과천 출장마사지 and information for 양산 출장샵 CASINO HOTEL in Henderson, NV. CASINO 진주 출장마사지 HOTEL. 3355 W. 수원 출장안마 Henderson, 영주 출장안마 NV 89169.

    BalasHapus