Selasa, 26 Agustus 2014

Continue

Jum’at 16 Mei 2014, 17.00 WIB
Kembali ke rumah, Alhamdulillaah mamah dan murid-murid sudah menanti kedatangan saya, mereka menyambut saya dengan penuh cinta J.
***
Mmmm perjuangan belum selesai, tantangan di depan masih begitu banyak.
Kamis, 22 Mei 2014
Mulai ngampus lagi dan langsung menghadapi TO ke 5. To yang ke 5 ini semuanya di gabung dari mulai kelas A sampai C. Soal dan pengawas nya pun dari STIKes Mucis (Muhammadiyah Ciamis), aduuuuh ampun deh soalnya pusing banget. Kirining….Kirining… alarm di HP tiba-tiba bunyi, tak terasa 3 jam sudah melahap habis 180 soal , dengan soal yang pada panjang seperti jalan tol. Dalam 1 soal kita harus bisa mengerjakannya dalam waktu 1 menit huuuuh. Seperti biasa sesudah kita melaksanakan TO pas keluar ruangan ekspresi tiap orang berbeda-beda. Ada yang senyum-senyum, yang biasa aja lempeng, ada yang pegang-pegang kepala, ada yang curhat soal yang rumit, bahkan ada yang sampai ketawa-ketawa.Mmmm kalau saya mah termasuk orang yang habis TO teh pegang-pegang kepala, karena saking pusingnya baca soal.heheh. Alhamdulillaah ada obat habis pusing-pusingan ria yaitu makan-makan, gratisan pula.hohoho. Tanpa banyak mikir kitapun langsung berangkat ke tempat makan.
Hanya menunggu sebentar, makanan sudah siap di santap J

Makan bareng with anak smang C

Racik Desa, 22 Mei 2014


Senin, 26 Mei 2014
TO ke-5 berlalu tanpa tahu hasilnya lulus apa tidak,Sekarang Saatnya UTS dan UAS di satuin, woooow paginya UTS dan siangnya UAS. Mantaaap !
Inilah jadwalnya

Sudah menjadi kebiasaan, setiap kali saya dapet kartu peserta ujian pasti kartu pesertanya nggk pernah bersih, selalu saja ada coretan-coretan, karena setiap kali saya mau memulai ujian pasti saya menulis target-target nilai yang harus dicapai untuk setiap mata kuliah, atau saya menulis kata-kata yang bisa bikin saya semangat buat ujian, terkadang dari semua coretan itu ada yang tercapai ada juga yang nggk tercapai, yaaaa namanya manuasia hanya bisa merencanakan selebihnya Alloh lah yang menentukan.
30 Mei 2014 Alhamdulillaah beres, tinggal menunggu hasilnya aja, harapan mah semua mata kuliah nya Lulus J.Aamiin.

05 Juni 2014

TO Nasional dimulai, waaaaah suasana hati jadi tidak karuan. TO ini dilaksanakan di kampus STIKes Karsa Husada dengan  mahasiswa dari akper bidara mukti.
Ketika mengerjakan, stress bangeeeet… waktu 5 menit lagi sedangkan soal tersisa 20. Tanpa banyak mikir saya langsung memblok semua jawaban tanpa memebaca soal hanya memebaca opsion saja. 11.30 Teng Akhirnya ujianpun selesai. Dengan tertib pengawas mulai mengambil soal dan jawaban. Hati menjadi amat galau, takut gak lulus L . Tapi mudah-mudahan LULUS.
Waktu berlalu tanpa terasa, berbagai tahap sudah terlewati, Bulan Juni ini penuh dengan tantangan, cape, pusing, stress segalanya ada seperti rujak bebek J..
Masih belum dapat bernafas lega, masih ada Jadwal yang  harus ditempuh :
UAP tahap I               13 - 17  Juni   
UAP tahap II              18 - 17 Juli
UAP tahap III             18        Juli
3 Tahap inilah yang akan menentukan, apakah saya akan menjadi Ahlimadya Keperawatan atau tidak??? Uuuuh ngeriiii… setiap kali saya bermimpi isi mimpinya itu ujian dan ujian J.
Penentuan Kasus Garapan, dan sayapun Harap-harap cemas, apakah saya bakal kebagian kasus Keperawatan Anak, Keperawatan Maternitas, Keperawatan Medikal Bedah, Keperawatan Gerontik, atau Keperawatan Komunitas.
Saya takut banget kalau kebagian di kasus Keperawatan Anak atau Kasus Keperawatan Maternitas. Saya sangat berharap benget ingin bergelut di Keperawtan Medikal Bedah. Daaaann hal yang saya takuti itu datang menghampiri, saya kebagian di kasus Maternitas, mmmmm awalnya sempat mengeluh, tapi apa boleh buat saya hanya dapat berDo’a dan berusah mudah- mudahan kasus itu yang akan mengantarkan saya ke gerbang kelulusan.
Saatnya UAP tahap 1 dimulai, saya  kebagian hari Jum’at dan Sabtu sedangkan  sisanya 3 hari harus home visit ke pasien. UAP tahap 1 nya kacau banget, saya kebagian pasien yang udah lama di RS nya otomatis keluhan pasien nya sedikit banget, mana takut pasien nya akan cepat pulang. Saya Pengujinya kebagian sama Bu K.Dewi Budiari, S. Kep, M. Kep ,tapi Alhamdulillaah Ibu nya baik, ngebantuin saya waktu ujian.hehe.
Jum’at 13 Juni, hari pertama ujian lumayan lah nggk kacau-kacau amat, tapi pas ujian hari ke-2 Sabtu 14 Juni, ujiannya kacau banget, hari ini tuh harusnya kita penkes ke pasien tapi pasien saya malah udah pulang, aduuuuuh stressor saya makin meningkat, bingung pengen nangis, aaaaah serba salah, kalau gini caranya saya mau penkes sama siapa???? Kata-kata itu yang ada difikiran saya saat itu. Bolak balik saya terus nannya ke penguji dan hasilnya saya harus penkes ke pasien lain. Jlebbb disitu saya tambah kebingungan, masalahnya saya mau penkes tentang apa ke pasien yang bukan garapan saya, dan akhirnya pun saya penkes seadanya tanpa persiapan.mmmmm pengen nangis banget mana diliatin sama Ibu Bidang Keperawatan RS lagi, persiapan nya nggk ada aaaaaaaaaahh kacau bangeeeeeet L. Rasanya ingin teriak waktu itu karena saya takut sekali nggk lulus.
Ini semua sudah menjadi kehendak Alloh SWT. Sayapun berharap mudah – mudahan hasilnya bagus. Ujian pun selesai, Dengan langkah gontai sambil membuka lembaran askep yang harus segera di selesaikan sebelum jam 14.00. “SMANGAT INTAN” teman-teman menyoraki itu.
14.00 Alhamdulillaah ASKEP nya selesai, tinggal dikumpulkan dan bersiap untuk di responsi J.

Foto bareng sebelum responsi, RSU dr. Slamet Garut

***
16 Juni, inilah hari pertama saya home visite, bingung cari alamat rumahnya namun setelah muter-muter akhirnya ketemu juga, saya hanya melakukan home visite 2x , harusnya mah 3x J. Home visite nya lancar, keluarga pasien pun bisa menerima saya dengan baik.
18 Juni 2014, UAP Tahap II, saatnya bimbingaaaaan.. Asyiiikkk dapet pembimbing nya Bu Wiwit (Ketua Prodi) semoga menjadi awal yang baik untuk sidang nanti. Awalnya sempat bingung juga soalnya kalau bimbingan sama Bu Wiwit Buku Sumbernya harus banyak dan harus buku keperawatan padahal saya kebagian kasusnya lebih ke kebidanan.

Buku-buku buat nyusun

Inilah sebagian buku-buku yang selalu menemani saya selama satu bulan J. Kalau lagi nyusun mah buku teh banyak banget, tapi kalau lagi kuliah biasa mah ah boro-boro, jangankan sebanyak itu 3 juga udah Alhamdulillaah. Hee.

Buku yang melengkapi isi KTI

Saya Inatn Rohaeni, Kiki Rizky LS, Retno Novitha S, Eri Setiapani, Hilda Rahmadian, Indah Khaerunnisa, Eva Faujiah dan Rina. Mereka yang akan menjadi teman seperjuangan saya di UAP tahap I sampai III. Dan sayapun Harus terpisah untuk sementara dari Power Rangers J.
1 minggu 2x kita bimbingan, dan kitapun harus mengantri dan berlomba datang ke kampus untuk bimbingan paling awal. Haddddduh sayamah selalu aja dapet nya siang terus jadi tiap kali bimbingan selalu pulang sore. Tapi untungnnya ada ceu kiki yang setia menunggu saya setiap kali saya bimbingan sampai sore J. Cerita menyedihkan waktu akan bimbingan, 27 Juni 2014, waktu itu ketika saya akan bimbingan kebetulan saya bawa motor ke kampus karena hari sudah sangat siang dan takut nggk akan kebagian bimbingan, eeeeh orang lagi buru-buru si motor nggk ada pengertiannya malah mogok di tengah jalan, disitu saya mulai kelabakan akhirnya sayapun mendorong sang motor ke pinggir jalan, mungkin waktu itu sayanya lagi apes J. Dicari-cari penyebab si motor mogok eh ternyata mogoknya gara-gara kehabisan bensin, ah kacau banget, dipinggir jalan di atas teriknya matahari saya hanya gigit jari kebingungan harus ngapain, pom bensin masih jauh alhasil saya hanya menunggu dan berharap pahlawan datang waktu itu J, daaan Alhamdulillaah ada bapak-bapak yang luar biasa baik bersedia menolong saya untuk memebelikan bensin ke pom. Sepanjang perjalanan menuju kampus saya berkali-kali mengucap syukur, dan senyum-senyum sendiri, rasanya ingin sekali tertawa dan menangis berbarengan. Heee. Sesampainya di kampus saya malah harus seperti biasa menunggu berjam-jam, uuuuuh tau kejadianya akan seperti ini saya dirumah nggk akan buru-buru.

Bimbingan pertama bersama Ceu Kiky
Masih sumbringah banget, karena masih awal-awal mau bimbingan, mungkin kalau bimbingan nya udah berkali-kali ekspresinya akan berubah dan tampak stress..

Saya  lagi bimbingan
Mmmm nggk sopan banget, lagi bimbingan saya malah berfose, Sayapun termasuk orang yang jail, teman saya yang lagi dibimbing malah saya fotoin J.

Coretan-coretan Indah
Semua coretan itu indah dan berarti banget demi kesempurnaan seluruh isi KTI, kalau di coret-coret rasanya seneng  J

Basement, STIKes Karsa Husada with Ceu Kiky
Detik-detik terakhir bimbingan, selalu aja menunggu sampai sore, yaaaa tapi untungnya ada ceu Kiky J , sepertinya kita tuh mahasiswa yang paling betah dikampus.heheh.


3x4 m
Kamarku yang sempit tapi saya selalu nyaman berada di tempat ini. Dan Inilah kondisi kamar saya selama penyusunan, selalu berantakan jarang di bereskan dan ketika mau tidurpun selalu dengan kondisi seperti ini J.
***

Bimbingan pun selesai dan saat yang paling mendebarkan akan dimulai, Jum’at 18 juli 2014 Sidang siap dimulai. 08.00 kami mulai mengambil nomor kocokan untuk sidang, happp saya ambil kertas dari meja, saya buka perlahan daaaaan haaaaah 7, ya 7 saya kebagian sidangnya no. 7 , sempat menggerutu kalau saya nggk mau kedua terakhir tapi mungkin inilah yang terbaik. Akhirnya saya dan teman teman menanti dengan penul kegelisahan. Duduk sudah tak enak, berdiri apalagi akhirnya jadi mondar mandir nggk jelas. Waktu terasa amat lama berlalu, mmmm menungggu memang menjenuhkan. Teng waktu menunjukan pukul 11.45 , Intan…. Jantung ku makin berdetak, seluruh badan tremor, inilah detik-detik terakhir untuk menentukan kelulusan, menentukan dari semua perjuanganku selama 3 tahun.
Klikk, saya mulai mempresentasikan hasil karya tulis nya…blablablabla……selesai..
“Silahkan Intan duduk’’. Bu Wiwit
Dengan perlahan saya duduk, duduk di kursi panas seperti terdakwa yang mau di adili J. Wow pertanyaan mulai meluncur dari penguji 1 Bu Eti Suliyawati, Alhamdulillaah semuanya dapat terjawab. Pertanyaan selanjutnya dari penguji 2 Bu Iin Patimah, aaah dengan bu Iin sepertinya sudah jodoh, soalnya setiap kali saya ujian pasti pengujinya Bu Iin.hee. Kalau pertanyaan Bu Iin aaah membuat otak saya pusing tujuh keliling, dan  ada beberapa pertanyaan yang tidak dapat saya jawab.mmmmm, akhirnya dapat bernafas lega setelah saya dipersilahkan untuk meninggalkan ruangan siadang. Dengan senyum ekstra manis sayapun keluar dan menuju mushola untuk Sholat Dzuhur sambil menunggu panggilan untuk pengumuman hasil sidang.
13.00 , Kami dipeersilahkan masuk…
Kami pun bergegas masuk dengan penuh kekhawatiran. ‘’ Silahkan kalian semua berdiri di depan’’  Ujar Bu Wiwit.
Sambil perpegangan tangan satu sama lain dan berharap kelulusan ada ditangan kami.
‘’Intan, apakah kamu pantas lulus?’’ Bu Iin melontarkan pertanyaan itu dengan wajah muram..
Jlebbb, dengan gugup saya menjawab “ Ya Bu, Insya Alloh saya pantas lulus.
‘’Apa yang membuat kamu yakin bahwa kamu lulus?’’ Saya sudah berusaha semaksimal mungkin , dan dapat menjawab semua pertanyaan yang dilontarkan meskipun masih banyak kekurangan. (Ibu pun tesenyum menyakitkan L) aaaah suasana semakin mencekam, pikiran sudah tak dapat rasional.
Pertanyaan itu dilontarkan kepada kami semua dan teman-teman pun menjawabnya berbeda-beda. Ah apapun jawaban kami sepertinya tetap aja salah..
(Sedikit saya gambarkan penguji yang membuat hati kami berkecamuk, Bu Iin Patimah namanya, dosen Muda, ibu jarang senyum, tampak galak tapi bila ibu senyum aaaah luar biasa catiknya , daaaan yang paling penting Bu Iin tu Jago banget masalah Etiologi/Pathway penyakit dan Diagnosanya).
Ketika Bu Iin akan mengumumkan hasilnya siapa saja yang lulus dan tidak, kamipun menunduk dan pegangan tangan kamipun semakin erat.
‘’Kiki, Hilda, Rina, Eva kalian maju kedepan  dan Retno, Eri, Intan, Indah teap dibarisan belakang.
Loooh kok di pisah-pisah gini, aaah perasaan saya tambah tidak enak, suara jeritan hati.
Dan Kalian yang dibelakang selamat kalian lulus.’’ Alhamdulillaah saya sangat bersyukur, senyum lebar mulai mengembang, tapiiii teman-teman yang lainnya gimana?????
Dengan wajah yang amat meyakinkan Bu Iin bilang ‘’ Maaf untuk kalian hari senin harus……(menjeda perkataanya dan teman-teman mulai meneteskan air mata saya pun mulai ketakutan) kalian hari senin datang lagi untuk menyerahkan hasil revisi karena kalian semua LULUS. Alhamdulillaah….mmmm luar bisa para penguji berhasil ngerjain kami.
‘’Kapan lagi bisa ngerjain kalian’’ 3 penguji melontakan kata itu, dan kamipun tersenyum, menangis dan tidak tau perasaan kami berkecamuk bahagia J, akhirnya kamipun bersalaman kepada penguji mengucapkan banya terimakasih dan terakhir foto bareng hehehe…

Foto bareng penguji
Inilah tahap akhir dari perjuangan kami selama 1 bulan. Susah, sedih, senang, bahagia kami lewati bersama J.

Intan, Kiky, Eno
3 Personil Power Rangers yang bergelut di Keperatan Maternitas, Rangers yang 2 lagi ada di Keperawatan Anak dan Keperawatan Komunitas J.
Alhamdulillaah tahap demi tahap telah saya lalui, awalnya terasa berat apabila hanya dipikirkan tapi seiring dengan proses dengan waktu yang terasa berlalu sedemikian cepatnya alhasil semuanya dapat terselesaikan dengan lancar . Berkat Pertolongan Alloh SWT, Dukungan dan Do’a dari keluarga dan sahabat J.
Hanya tinggal menunggu hasil…

***


Meskipun semuanya sudah selesai tapi tetap aja harus rajin- rajin ke kampus buat update informasi , terutama untuk wisuda. Mmmmm ingin cepat diwisuda, perjuangan untuk memakai Toga begitu melelahkan J.
Mau Ngeksis dulu lagi nyobain toga niih. Heheh



Wisudanya 08 Oktober 2014, mmmm kalau ngomongin soal wisuda pasti orang-orang nannya gini “ Wisudanya sama siapa?” dan saya hanya menjawab “Insaya Alloh didampingi Mamah dan Bapak’’ heheheh. Ya iya siapa lagi coba yang mau nemenin saya wisuda kalau bukan Keluarga. Tapi saya berharap nanti bakalan dapet karangan bunga, haaaah entah dari siapa, mimpi kali yee J. Apapun moment nya nanti yang pasti saya harus bahagian bahkan harus sangat bahagia karena masih ada Keluarga dan sahabat. Tarik nafas dalam dan huuuuuh ingin cepet-cepet wisuda J.
Ya ya ya, Nggk kerasa banget perjuangan selama 3 tahun di Kampus Tercinta STIKes Karsa Husada Garut, kampus inilah yang telah mengantarkan ku menjadi seorang Ahlimadya Keperawatan, Dan semoga Saya bisa Sukses Dunia Akhirat. Aamiin.
Bersyukur pada Alloh SWT. Atas semua kehendaknya, dan ucap terimakasih untuk Kedua Orangtua atas dukungan baik moril maupun materil,atas semua kasih dan sayangnya untuk keluarga besar saya yang selalu memberi dukungan, untuk semua sahabat-sahabat saya teman seperjuangan terutama Power Rangers ku. Alhamdulillaah Saya Bahagia bahkan saya sangat Bahagia.

Inilah dia sosok yang berharga .....
KTI, Karya Intan Rohaeni
Itulah tahap akhir dari perjuangan selama 3 tahun kuliah :) 


Sampai Jumpa di Wisuda nanti…..
***



1 komentar:

  1. Free online slot games with no deposit bonus at LuckyClub
    the games you know and love with our free slot machine games. with free spins, no deposit bonus at Lucky Club. Lucky Casino · Lucky Lucky Jackpot luckyclub · Lucky

    BalasHapus